Monday, September 28, 2015

Hunting Tiket Pesawat Murah ke Jepang di Garuda Travel Fair (September 2015)

image source: Facebook Garuda Travel Fair

Note: Walaupun gw biasanya nulis blog pake "gw-lo", di postingan kali ini gw bakal pake "aku-kamu" karna gw pengen semua kalangan tua-muda bisa baca hehehe... Dan review ini bener-bener honest opinion aku, bukan mau promosiin pihak-pihak tertentu :) dan maaf kalo gambarnya gak lengkap karna aku baru inget foto pas udah di dalem hehe

Tanggal 27 September 2015 kemaren aku (bertiga bareng bapak & kakakku) dateng ke Garuda Travel Fair buat cari tiket murah ke Jepang, soalnya rencananya aku pengen ke Jepang bulan Desember akhir atau April awal. Travel Fair ini diadain di Jakarta Convention Center, tiket masuknya Rp 30.000/orang, tapi gratis untuk pemegang kartu kredit BNI or BRI. Nah kalo mau masuknya gratisan, bisa juga ajuin permohonan bikin kartu kredit yang tersedia di stand BNI or BRI di depan venue. Ini aku bukan promosi kartu kredit lho, tapi lumayan kan masuknya jadi gratis apalagi buat kamu yang cuma pengen liat-liat aja dan belum tentu beli tiket hehehe...

Sebenernya Garuda Travel Fair ini diadain 2 kali tahun ini, yang sebelumnya itu di bulan April. Aku juga udah dateng pas bulan April lalu, tapi akhirnya gak beli tiket karna denger "isu" kalo yang travel fair bulan September tiket-tiketnya bakalan lebih murah-murah. Yang ternyata gak juga -.-" 

Nah, sebelumnya aku mau jelasin sedikit dulu, di dalem travel fair ini sebenernya ada apa aja sih. Intinya sih di dalemnya ada stand-stand dari perusahaan travel yang banyak banget (sampe pusing milihnya) yang nawarin tiket dari garuda airline dan paket travel. Buat tiketnya itu ada tiket promo, yang sangat terbatas & bisa didapetin pas "Happy Hour" yaitu jam 10-12 siang dan 5-8 malam. Nah ini yang aku incer, karna tiket garuda ke Jepang yang biasanya harganya bisa 8-10 juta, bisa didiskon jadi 6 juta-an PP. Yah.. dibilang murah banget juga nggak sih, tapi lumayan lah buat direct flight (gak pake transit segala).  Aku sebenernya udah tau info tiket murahnya sebelum pergi, dapet dari kakakku (dia dapet dari temennya).



Aku dateng pas hari terakhir, yaitu hari Minggu. Kira-kira nyampe disana jam setengah 5 sore (sengaja dicocokin sama happy hour-nya). Bedanya dengan travel fair yang bulan April, selain ada stand-stand travel company juga ada stand-stand per negara (kayaknya sih dari foundation negara masing-masing) yang memperkenalkan di negara itu ada tempat wisata apa aja (bukan jualan tiket & paket travel).





btw ini keliatan di fotonya agak gelap, tapi aslinya ruangannya terang koq ^^
Nah setelah lewatin ruangan stand per negara, baru masuk ke ruangan stand-stand travel. Sempet bingung juga karna standnya banyak banget dan gak cuma 1 ruangan aja (kalo gak salah ada 3 ruangan), trus bingung mau tanya-tanya dari travel yang mana, tapi akhirnya aku pilih dari travel yang udah pernah aku denger namanya. 

Langsung deh aku tanya ke mbaknya ada gak tiket yang ke Tokyo tanggal 21 Desember - 5 Januari atau tanggal 20 Maret - 5 April (2 minggu). Aku udah coba tanya ke 2 travel, dan dua2nya nihil tiket promonya, yang ada tinggal tiket yang mahal (14 juta) karna itu termasuk high season -.-" Bahkan kalo Desember itu ada black out date-nya, yaitu dari tanggal 23 Desember. Aku kaget juga sih ternyata udah abis tiket promonya, karna pas aku dateng yang bulan April (hari terakhir juga) tiketnya buat tanggal segituan masih ada dan harganya 6 juta juga! 

Jadi aku tanya-tanya lagi ke beberapa travel lain dan sama aja, tanggal segitu smua tiket promonya udah abis. Akhirnya aku tanya kalo sebelum tanggal itu (tapi masih deket-deket), misalnya tanggal 15 Desember gitu masih gak tiketnya, dan abis juga. Mereka ampe harus ngecekin per tanggal dan aku tanya-tanyanya juga lumayan lama karena abis terus di tanggal yang aku mau :( Bahkan ada yang bilang kalo bulan desember tanggal berapa pun tiketnya adanya yang mahal, yang Maret & April juga gitu, kalo mau adanya april akhir atau awal mei. Yahhh kalo tanggal segitu mah udah gak dapet kalii bunga sakuranya... T_T kecuali mau pergi ke Hokkaido hahaha...

Aku juga udah sampe tanya-tanya, kalo yang ke Osaka gimana, gak harus Tokyo, tapi sama aja smuanya udah abis. Akhirnya aku ketemu travel yang mbaknya ramah dan lumayan sabar, aku tanya-tanyain macem-macem dia jawabinnya enak, trus dia tawarin gimana kalo tanggal sekitar tanggal 10 Desember aja (akhirnyaa ada juga yang at least masih bulan Desember), tapi dia mesti tanyain ke Garudanya dulu apa ada tiket promo tambahan atau nggak. Akhirnya aku iyain aja, dan mbaknya bilang nanti bakal ditelpon kalo ada tiketnya. Gak berapa lama mbaknya telp dan katanya ada tiketnya. Yes!! Lumayan lah walau gak dapet new year & year-end sale di Tokyo, tapi masih bisa liat illumination-nya :) Aku dapet tiketnya dengan harga 6.4 juta rupiah PP Jakarta - Tokyo (Haneda) nett (termasuk pajak, fuel charge,dll).  

Jadi ternyata salah banget dateng pas hari terakhir! Dan agak nyesel juga gak beli pas yang bulan April, karna ternyata tiket promonya masih lebih banyak yang April, dan harganya agak lebih murah karna kurs dolar waktu itu lebih rendah *huft* Btw ini travel tempat aku beli tiketnya (skali lg bukan promosi tp cm honest opinion aku ya)
Oh ya, trus aku juga iseng tanya2 sama mbaknya, jadi sebenernya pas high season itu disediain tiket promo juga gak sih? Dan kata mbaknya sih nggak ada, yang ada tuh yang selain atau mepet-mepet high season aja hahaha...

Tips untuk hunting tiket murah di Garuda Travel Fair (berdasarkan pengalaman aku ^^):
1. Harga tiket sangat tergantung dengan kurs dolar US-rupiah pada saat itu, jadi pergilah ke travel fair saat kurs dolar lagi gak tinggi. Sebelum pergi juga sebaiknya cari info tentang harga tiket promonya (biasanya sih udah ada duluan info harganya), kira-kira masuk budget kamu atau nggak. Dan untuk tiket promo ini non-refundable jadi enaknya dipikirin dulu mau pergi tepatnya tanggal berapa bulan apa.
2. Datang di hari pertama pameran dan satu jam sebelum "happy hour", karena tiket promo sangat terbatas apalagi kalau mau perginya mepet peak season.
3. Cari travel agent yang mau melayani dengan ramah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dengan sabar, gak harus ke travel agent yang udah terkenal dan gede, kecuali kalo kamu mau beli paket travel juga. Kalo mbak/masnya udah keliatan kayak males-malesan dan agak jutek jawabin pertanyaan kamu, langsung tinggal aja dan cari travel lain yang lebih bersahabat karena "happy hour" cuma 2 jam dan  kamu gak mau buang2 waktu.
4. Cek ke beberapa travel agent, karna mungkin banget tiket di tanggal yang kamu mau gak tersedia di travel agent tertentu, tapi ada di travel agent lainnya. Dan juga harganya agak berbeda di tiap travel!
5. Ternyata pembayaran tiket dengan kartu kredit selain "bank partner" dikenakan charge 3%
(tiap travel fair yang diadakan di berbagai kota beda-beda bank partnernya, kalau yang di Jakarta kali ini BNI & BRI) . Jadi kalau mau gak kena charge, siap-siap aja bayar pake cash untuk yang gak punya kartu kredit/debit bank tersebut.

Nah, buat yang udah kelewatan travel fair kali ini, mungkin bisa coba dateng ke travel fair di kota-kota lain yang diadakan tanggal 2-4 Oktober:


















































No comments:

Post a Comment