Wednesday, November 11, 2015

Homemade Vanilla Extract - The Taste Test

click here for the english version of this post ;)
Sekitar 5 bulan yang lalu gw melakukan "eksperimen" bikin vanilla extract (ekstrak vanila) pake vodka & vanilla beans (buat yang belom baca post-nya, bisa dibaca disini). Sebenernya gw cuma harus nunggu 2 bulan sampe vanilla ekstraknya jadi, tapi gw lupa dan 5 bulan berlalu... lol Tapi gapapa sih, soalnya di resepnya dibilang boleh ditaroh lama dan makin lama malah makin enak rasa vanilanya hehe...
 
Ini vanila ekstrak buatan gw yang udah 5 bulan... (gw pake vanila dari sumber yang berbeda untuk tiap toples)

Kalo dibandingin sama vanila ekstrak yang gw beli di online shop (yang tengah), warnanya keliatan lebih gelap dari luar. Btw yang gw beli di online shop lokal itu mereknya Nielsen-Massey (yang udah di repack jadi ukuran 80 g). 

Tapi pas gw ambil pake sendok, warnanya gak segelap yang keliatan dari luar, dan jadinya hampir sama warnanya sama vanillanya nielsen. Klo baunya, yang gw bikin lebih berbau alkohol dengan sedikit bau vanilla, sedangkan yang nielsen baunya manis vanilla.

And finally the taste test!Sebenernya harusnya gw bikin vanilla cake buat nge-tes ini, tapi karna gw teramat males, jadinya gw cuma bikin pancake hehe... Lo bisa liat resep pancakenya disini. Gw bagi 2 adonannya 2 mangkuk, terus gw tambahin vanila. Mangkuk yang kiri gw tambahin vanila nielsen, yang kanan vanila buatan gw. Dan gw masak pancakenya kayak biasanya...

Time to taste them! 
Sejujurnya, rasa pancake yang pake vanila nielsen masih lebih enak. Gw bahkan udah coba dobelin jumlah vanila di adonan yang pake vanila buatan gw, tapi tetep yang pake vanila nielsen rasanya lebih enak :( Well, agak mengecewakan sih, tapi kayaknya gw masih harus bikin taste test yang lain (kali ini pake vanilla cake!) untuk nentuin apakah vanilla buatan gw ini masih bisa dipake ato bener-bener gak guna. Dan gw bakal update lagi dengan taste test yang lainnya! Tapi mungkin gak dalam waktu deket ini hehe...

4 comments:

  1. Sis beli vanilla ekstrak nielsen nya dimana yah? Harga nya berapa? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi! sorry for late reply ^^ nielsennya saya beli dari toko online di instagram @sukasaribakingsupplies , harganya 100rb/80g (repackaged) kalo gak salah inget hehe...

      Delete
  2. Mungkin krn yang nielsen pakai bourbon sis, atau kadar alkoholnya beda. Secara bbrp resep eskrim vanilla yang homemade jg pakenya bourbon. Hehe
    Mau nanya ada sarankah utk menyimpan vanilla beans yg sudah dikeluarkan dr vacuum pack supaya aromanya tahan lama? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry for late reply ^^
      oh iya mungkin krn pakai bourbon ya..
      waduh saya juga nyimpennya belum bener nih hehe cuma dimasukin ke plastik biasa terus diiket aja, eh tapi pas sebulan/2 bulan di cek udah jamuran :"( mgkn memang harus segera dipakai kali ya

      Delete