Monday, December 1, 2014

Japanese Curry Bread - Kare Pan カレーパン Madness Part 3 [end] : All the details

(Click here for the English version of this post)

Efek suhu...?
Sebelum akhirnya gw mencoba bikin nih roti, gw parno bgtt takut gagal, udah bikin cape2 kan maless kalo gagal hehe... mulai deh gw browsing2 buat cari tips2 bikin roti buat pemula. Dan setelah gw baca2, katanya sih klo temperatur tuh ngaruh banget buat bikin roti, kalo kepanasan bisa gak ngembang dgn bener, begitu jg klo terlalu dingin. Nah,, kalo temperatur ruangan, susah kan bwt ngakalinnya, kecuali lo ada ac di dapur. jadi katanya yg paling gampang adlh ngakalin suhu air yg lo pake buat bikin adonan rotinya. 
Nih bbrp artikel worth reading:
Weekend Bakery - Baking Tips: Dough Mixing
Weekend Bakery - Tips on Dough Temperature
Wildyeastblog - Why Worry About Water



Bahkan site yg terakhir ini nyediain water temperature calculator dlm bentuk excel yg bisa lo download. Jadi akhirnya gw coba2 ngitung sambil ngira2 suhu ruangan di dapur gw berapa.. 



ooo jadi kira2 suhu air yg diperluin sktr 12 derajat celcius. oke,, tp gmn ngukurnya? hahaa..  berhubung gw males beli baking thermometer,, udah deh gw pake ilmu kira2 ngasal aja.. gw campur air biasa sm es jadi air dingin gt wkwkwk...
sumpah ngasal bgt hwhw
tadinya mo gw tunggu esnya sampe mencair, tp krn gw gak sabar, akhrny pas udah lumayan dingin gt airnya gw buang esnya trus gw tambahin air biasa hahaa.. 


trus jadi sbnrny ngaruh gak sih suhu adonan itu? gak tau hahaha.. soalnya baru pertama kali bikin & berhasil ^^ mungkin aja gak perlu repot2 ngatur suhu airnya & bisa berhasil jg.. mungkin... 



Cara nyimpen adonan yang belom digoreng...
Oke, karna ini resep ngasilin 12 roti, which is gak mungkin abis dlm 1 hari (kecuali lo bawa arisan), jadi sisanya yang belom di goreng gw tutup pake plastic warp trus gw simpen di kulkas. bawahnya jg gw kasi baking paper buat jaga2 takut nempel ^^


The next day....
Rotinya gw keluarin dr kulkas & gw biarin diluar ampe ngembang, kira2 butuh 2 jam buat ngembang, gw buka plastic wrapnya & gw tutup pake tisu. Tapi anehnya mereka gak barengan ngembangnya, 4 di kanan masih blm terlalu ngembang. 
TETOT


jadinya 2 yg dikiri gw goreng duluan, sisanya gw diemin lagi selama kira2 1 jam sampe lebih ngembang lg, baru gw goreng.



Efek banyaknya minyak u/ menggoreng...?
Nah jadi ini pasti sering banget kejadian, kalo kt lagi goreng2, pasti kt maunya minyaknya dikit2 aja biar hemat, kyknya sayang aja gt dipake cuman sekali lgsg abis setengah liter. Ini jg yg gw lakukan pas pertama kali goreng ni roti. Gw coba pake minyaknya dikit aja ampe cuman nutupin setengahnya, mikirnya sih kan bisa dibalik jadi gak masalah lah ya... hasilnya kyk gini...

bagian tengahnya agak lebih gosong gt krn nyentuh dasar panci, dan lbh gepeng.


hari goreng berikutnya, gw coba pake minyak yg lebih banyak jadi bagian bawah rotinya gak nyentuh panci...




tampak samping
keliatan kan bedanya. lebih gembung, matengnya jg lbh merata (gak gosong di tengah). jd overall sih gw saranin klo goreng minyaknya banyakin haha.. lebih memuaskan aja hasilnya ;)

The recipe...
Jadi resep asli yg dr Foodwishes kyk gini...
1 package (2 1/2 tsp) dry active yeast (I used Fleischmann's “RapidRise” Yeast)
1 cup very warm water
1 large egg
3 tablespoons butter
3 tablespoons sugar
1 1/4 teaspoons salt
1 pound all-purpose flour (about 3 1/2 cups)


Nah, klo di Foodwishes ini dia pake dry active yeast. Tapi krn disini gw gak nemu dry active yeast ini, gw ganti dgn instant yeast. Gw baca2 di internet sih ktnya lo bisa ganti dry active yeast dgn instant yeast dan sebaliknya, tapi klo lo pake instant yeast untuk gantiin dry active yeast, katanya sih mesti dikurangin 20% gt. makanya di resep gw, gw pake 2 sdt ragi instan. 

Dan mnurut gw buat kare-pan ini rotinya agak keasinan yah, soalnya karenya sendiri udah asin. Jadi next time mgkn gw bakal ngurangin garamnya jadi 1 sdt aja, dan tambahin gulanya jd 4-5 sdm.
O ya, buat tepungnya, di resepnya Foodwishes dia emang pake all purpose flour bukan bread flour, dan hasilnya oke2 aja sih... gw gak ngerti bakal gmn bedanya klo pake bread flour.. hmm mgkn laen kali gw bakal nyoba ;)

Jadi resep akhirnya mgkn bakal jd gini:
438 g tepung terigu serba guna
1 cup/250 ml air

2 sdt instant yeast (ragi instant)
1 telur
42 g mentega  --> dilelehin di microwave
4-5 sdm gula
1 sdt garam
sedikit minyak/olive oil
2 telur& panko bread crumb for coating
minyak u/ menggoreng



Tips for rookie...
1. Make the curry right! ini kayak yg paling penting deh, lo dah cape2 bikin rotiny kalo isi karenya ga enak, gak bakal jadi enakk hwhwhw.. o ya, selalu kasi lada, bubuk kari & bubuk cabe lebih tajem dr kare biasanya, karna pas digoreng rasa rempah ini bakal lebih gak kerasa.


2. Bikin isian kare-nya sehari sebelumnya. Krn bakal hectic bgt klo lo bikin kare & rotinya bersamaan (kyk yg gw lakuin lol), gw aja bikin bareng ka2k gw masih lumayan hectic ~.~



3. When you coat the bread with egg & bread crumb, it's easier to brush (w/ pastry brush or hand) the egg to the bread rather than dip whole the bread to the beaten egg. Then, you can dip into the bread crumb.



4. When frying the bread, It's easier to place the bread on a baking paper,so you just have to hold the end of the baking paper and slide the bread carefully to the frier. The bread is pretty soft that if you lift it with your hand, it will leave a "finger" mark on it. Use lots of oil so the bread isn't touching the bottom of the pan.

cap tangan gw hahaha




5. Jangan kebanyakan ngisi kare fillingnya, krn bakal susah nutupnya & bisa bocor pas di goreng, cukup 1-1 1/4 sdm aja sih mnurut gw.

curry overload *_*

6. Relax & Enjoy!! :DD




Fiuhhh akhirnya selese jg nulis ttg bikin kare pan ini. gak nyangka panjang ampe 3 part ~.~ thx ya buat yg udah baca dr awal sampe akhir ;-) klo ada saran ato pertanyaan, please comment down below!! :DD


No comments:

Post a Comment