Thursday, December 18, 2014

The 1st Attempt on Key Lime Pie


Key lime pie... Another pie yang blom pernah gw makan krn gw blm perna nemu ini dijual di indo. Tapi kalo lo suka nonton acara kompetisi masak kyk Masterchef, atau sekedar nontonin food vlog di youtube, lo akan lumayan sering liat ni pie. dan pada bilang sih enak bgt! gw udah lumayan lama penasaran sm ni pie, apalagi gw emank suka asem.
Dan ternyata lumayan simpel, buat fillingnya sendiri cuman pake 3 bahan yaitu telur, jeruk nipis & susu kental manis. 


Unexpectedly, bagian paling bikin capek pabikin ni pie adalah pas meres jeruk nipisnya...
Gila ini jeruk keras bgt ya, lebih keras dr jeruk biasa ataupun lemon. bener2 perjuangan bgt lah buat meres semuanya. untung tiba2 bokap gw lewat & gw minta deh buat bantuin peresin hahaha.. padahal ini baru 10 jeruk, yang ternyata sama sekali gak cukup... -.-" 


Rasanya? Asem, manis, enak! Beda sama lemon pie, dia gak cuman asem tapi rada-rada ada sensasi "soda"nya. Menarik bgt lah! Tapi ntah kenapa agak2 pait, kayaknya sih gara2 terlalu gw peres jeruknya hahaha... dan sayangnya lagi, krn jeruk nipis yang gw pake kurang, jadi rasanya agak kurang asem :(
Buat pie crustnya sendiri gw sukaa bgt, kerasa bgt menteganya & bikin nagih! Whipped creamnya bikin teksturnya lebih light, tapi jadi lebih kerasa paitnya. Overall gw suka sm ni pie, dan kyknya bakal bikin lagi dgn jeruk nipis yg lebih bnyk dan bala bantuan buat meresinnya ;)


Jadi pertama gw bikin pie crust-nya dulu. Gw pake resep yg sama yg gw pake pas bikin apple pie krn gw sukaaa bgt sm pie crust ini. Krn resepnya bisa buat 2 pie crust, jadi gw pake setengah resep aja. Disini gw pake food processor buat bikin pie crustnya. Tapi klo lo gak punya kyknya sih bisa jg pake pastry cutter.




Original recipe & vlog from Foodwishes - Easy Homemade Pie Crust & Foodwishes - Key Lime Pie

The Pie Crust...
Bahan (untuk loyang 9 inch/23cm):

170 g tepung terigu serba guna
1/2 pak mentega tawar (113 g)
1/4 sdt garam
2-3 1/2 sdm air dingin (makin dingin makin bagus)
1/2 sdm cuka apel (apple cider vinegar) -> gw pake cuka biasa yang dilarutin (1 sdm cuka + 4 sdm air)


1. Potong mentega kecil2, bekukan di freezer minimal 1 jam.

2. Masukan tepung & garam ke dalam food processor, nyalakan sebentar agar tercampur rata. Masukan potongan mentega, tutup. 

Nyalakan food processor selama 2 detik lalu matikan, nyalakan lg selama 2 dtk, matikan, ulang selama krg lebih 1 menit sampai mentega terpotong kecil-kecil.

3. Campur air dan cuka, masukan 1 sdm campuran air cuka, nyalakan food processor selama beberapa detik, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai jadi coarse crumb (bhs indonya apaan inii).
oke, jadi ini gw kebanyakan air, padahal baru gw masukin air hampir setengah lebih

4. Keluarkan dr food processor, bentuk menjadi bulat, bungkus dgn plastic wrap, taruh di kulkas selama minimal 1 jam. 

4. Panaskan oven dgn suhu 200 derajat celsius. 

5. Keluarkan adonan pie dari kulkas. Taburin sedikit tepung di alas pengilingan, rolling pin & di atas adonan. Pipihkan sedikit dengan tangan.

lebih gampang dipipihin dikit dulu pake tangan baru digiling


6. Giling sampai diameternya melebihi diameter loyang pie sekitar 4-5 cm.
ntah kenapa jadinya gak bulet haha



7. Gulung adonan, angkat dan rentangkan  diatas loyang pie. Lipat ke dalam adonan pie yang berlebihan.


adonan yg melebihi loyang jangan dipotong tapi dilipat ke dalam 

8. Pinggirannya di crimp, lalu tusuk2 dengan garpu di seluruh permukaan kulit pie.
ini namanya di "crimp", gak tau bahasa indonya apaan ^^





9. Panggang di oven dgn suhu 200 derajat celsius selama 10-12 menit sampai golden brown.  

Sambil didinginkan kita bisa buat fillingnya :)
ntah kenapa pas udah dingin jadi agak menyusut gt


The Filling...
Bahan:

3 butir telur
1 kaleng susu kental manis putih
1/2 cup (125 ml) air perasan jeruk nipis (kira2 15-20 buah jeruk nipis)
1 tetes pewarna makanan hijau (optional)
200 ml heavy cream/whipped cream (krim kental)


1. Panaskan oven dgn suhu 180 derajat celcius.

2. Panaskan jeruk nipis di microwave kurang lebih 10-15 detik, giling2 di meja agar lebih mudah u/ memerasnya. Potong dua, peras. 

ternyata 10 jeruk nipis gak cukup :((

3. Campur telur, susu kental manis & perasaan jeruk nipis, aduk dgn whisk hingga tercampur rata


4. (Optional) Tambahkan 1 tetes perwarna makanan hijau. 
literally 1 drop of green food coloring



3. Tuangkan ke dlm pie crust, panggang di suhu 180 derajat celsius selama krg lebih 30 menit or until set (jadi fillingnya sampai mengeras/gak cair). 



4. Dinginkan di kulkas overnight (semalaman) atau minimal 6 jam.  

Keesokan harinya...
5. Masukan heavy cream  ke dlm mangkok besar, tambahkan 1 1/2 sdm gula (atau sesuai selera). Taruh diatas mangkok yang berisi air es, kocok dgn whisk atau electric mixer.




6. Tuangkan diatas pie. 



7. Makan!! ;))




No comments:

Post a Comment