Sunday, May 24, 2015

Classic Pancakes

click here for the english version of this post ;)

I love pancakes. Who doesn't? Dan bikinnya ternyata simpel banget, sekali lo coba bikin, lo gak bakal lagi beli pancake mix instan (kecuali lo orangnya super males hehe...)
Sebenernya ada 2 resep pancake yang gw suka, kalo dulu gw selalu pake resepnya Nigella Lawson. Tapi trus gw coba resepnya Chef John (Foodwishes), dan ternyata gw sedikit lebih suka rasanya, karna menteganya lebih banyak.  Penampakan pancake-nya, dengan resep Nigella jadinya pinggiran pancakenya lebih bulet dan mulus, kalo resepnya Chef John agak keriting pinggirnya.
pancake yang gw bikin pake resepnya Nigella
Gw juga suka nambahin vanilla extract ke adonan pancake gw, mnurut gw sih rasanya jadi lebih enak ;)



Original recipes from Foodwishes - The Best Pancakes, Old Fashioned Pancakes and Nigella Lawson - Homemade Instant Pancake Mix with Blueberry Syrup

Bahan:

Foodwishes recipe (untuk 12 pancake):
1 1/2 cup (185 g) tepung terigu serba guna
3 1/2 tsp baking powder
1 sdt garam
1 sdm gula
1 1/4 cup  (310 ml) susu cair
1 telur
3 sdm (52 g) mentega tawar (dicairkan)


Nigella Lawson recipe:
Instant Pancake Mix:
600 g tepung terigu serba guna
50 g baking powder
2 sdt baking soda (soda kue)
1 sdt garam
50 g gula (gw pake lebih dari 50 g)


buat bikin 10-15 pancake, campurkan 1 cup dari pancake mix ini dengan 1 telur, 1 cup (250 ml) susu dan 1 sdm mentega cair.

untuk porsi kecil (10-15 pancake):
1 cup (120 g) tepung terigu serba guna
2 1/2 sdt (10 g) baking powder
2/5 sdt baking soda (soda kue)
1/5 sdt salt
20-30 g (1-2 sdm) gula
1 telur
1 cup (250 ml) susu 
1 sdm (14 g) mentega (dicairkan)



1. Campurkan semua bahan kering: tepung, baking powder, garam & gula (dan baking soda kalo pake resep Nigella).



2. Buat cekungan ditengah campuran tepung, tuang telur, susu dan mentega cair, aduk rata. Biar tepungnya gak menggumpal, gw biasanya tuang susunya 3/4 dulu, aduk rata sampai jadi adonan kental, baru masukin sisa susunya.





3. Panaskan wajan anti-lengket dengan api sedang, tuang adonan pancake (sekitar 1/4 cup). Kalo gak pake wajan anti-lengket, olesi wajan dengan minyak/mentega sebelum menuang adonan. 
Kalo di permukaan pancakenya udah muncul gelembung2 gitu, balik pancakenya, masak lg selama 1/2-1 menit. Kecilkan api kalo pancake-nya mateng terlalu cepat.




unedited
edited
Sajikan dengan mentega dan madu/maple syrup ;)
unedited
unedited
edited ^^

No comments:

Post a Comment