Wednesday, September 30, 2015

Cara Bikin E-Paspor


Bulan Desember nanti aku mau jalan-jalan ke Jepang, dan karna pasporku udah expired, jadi mesti bikin baru lagi deh! Kali ini aku mutusin untuk bikin e-paspor, karena kalo dengan e-paspor ini kita bebas visa ke Jepang, jadi bisa hemat uang visa dan gak perlu repot bikin itinerary hehehe... (walau tetep mesti lapor dulu ke kedutaan sih -.-)  

Aku udah coba untuk daftar online, karna katanya sih gak perlu antri lagi. Tapi aku dah berkali-kali coba dan gagal terus, ntah sebenernya masih bisa atau nggak daftar online (ada juga yang bilang kalo yang bisa daftar online cuma untuk paspor biasa, bukan e-paspor). Trus aku tanya temenku yang udah pernah bikin e-paspor, kata dia sih langsung dateng aja bisa, tapi memang ada kuota 50 orang. Dan walau udah daftar online pun kamu tetep mesti ngantri tergantung kamu dateng dari jam berapa. Jadi aku putusin untuk langsung dateng ke kantor imigrasinya aja :)


Nah ini langkah-langkah bikin e-paspornya...


Persiapkan dokumen di perlukan. Nah biar gak salah-salah langsung aja aku kutip dari websitenya kantor imigrasi hehe... (poin-poinnya aku bold)

Syarat-syarat Permohonan Paspor sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2014. Bagi Warga Negara Indonesia yang akan membuat Paspor harap mengisi formulir permohonan secara lengkap dengan huruf cetak dan tinta hitam. Membawa Dokumen asli dan difotokopi pada kertas ukuran A4.

WNI yang tinggal diwilayah Indonesia & >17 tahun

  1. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
  2. Kartu Keluarga;
  3. Akte Kelahiran/Ijazah/Akte Perkawinan atau Surat Baptis;
  4. Surat Pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh Kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  5. Surat Penetapan Ganti Nama bagi yang pernah mengganti nama;
  6. Paspor sebelumnya (bagi yang pernah memiliki paspor).
Anak-anak dibawah 17 tahun

  1. Kartu Tanda Penduduk kedua Orang Tua yang masih berlaku;
  2. Kartu Keluarga;
  3. Akte Kelahiran / Surat Baptis;
  4. Buku Nikah / Akte Perkawinan Orang Tua.
  5. Paspor sebelumnya (bagi yang pernah memiliki paspor).

  • Dokumen kelengkapan persyaratan sebagaimana dimaksud huruf tiga (3) harus dokumen yang memuat Nama, Tanggal lahir, Tempat lahir dan Nama Orang Tua.
  • Jika pada Kartu Tanda Penduduk pekerjaanya pada Instansi Pemerintah harus melampirkan Surat Keterangan Bekerja dari Kantor / Institusi. (contoh surat terdapat pada halaman download).
  • Permohonan paspor untuk anak dibawah umur harus didampingi Orang Tua dan melampirkan Surat Pernyataan (izin) Orang Tua bermaterai. (contoh surat terdapat pada halaman download). Disertai dengan fotokopi paspor Orang Tua yang masih berlaku.

Dan! satu lagi yang jangan sampai lupa dibawa, pulpen hitam ! (soalnya waktu itu aku lupa bawa hahaha...)
Untuk formulir permohonan paspor, akan dikasi petugasnya pas ambil nomor antrian, dan isinya harus pakai pulpen hitam, biru pun gak boleh. Nah kalau yang takut-takut salah fotokopi dokumen, disana ada koq tempat fotokopi, jadi cukup bawa dokumen aslinya juga gapapa.
Aku mutusin untuk pergi ke kantor imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, karna paling deket dari rumahku dan katanya sih lebih sepi.


Jam operasional kantor imigrasi bandara:
Hari Senin s.d Kamis : 08.00 s.d 16.00 WIB Operasional Kantor
Istirahat : 12.00 s.d 13.00 WIB
08.00 s.d 14.00 WIB Permohonan Pembuatan Paspor 
13.00 s.d 15.30 WIB Pengambilan Paspor
Hari Jum'at : 08.00 s.d 16.30 WIB Operasional Kantor
Istirahat : 11.30 s.d 13.00 WIB
08.00 s.d 14.00 WIB Permohonan Pembuatan Paspor
13.00 s.d 16.00 WIB Pengambilan Paspor


Hari H-nya, jangan lupa pakai baju yang berkerah, dan dilarang pakai sendal jepit!
image source: http://soekarnohatta.imigrasi.go.id
image source: http://soekarnohatta.imigrasi.go.id


Kantor imigrasi ini letaknya di Kompleks Perkantoran Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jadi keluar tol, lurus aja menuju Terminal 3, lewatin bunderan, setelah kantor polisi.
image sources: maps.google.com, edited by me



Setelah kamu nyampe di kantor imigrasi, langsung aja ke sebelah kanan gedung yang ada tempat duduk tempat ngantri. Nah kalo kamu dateng sebelum jam 8, kamu bisa ngantri & duduk dulu disana.
ini tempat duduk antriannya udah sepi karna aku fotonya pas udah jam 9 hehe...




Kalo udah jam 8, nanti akan ada petugasnya yang bakal jelasin sama kamu prosesnya & kamu akan tulis nama & tanda tangan di buku antrian, dan akan dikasi map berisi formulir permohonan pembuatan paspor. 
antrian jam 8 pagi pas mau ambil nomor antrian


Nah, setelah kamu tulis nama di daftar antrian, jangan kemana-mana, karna gak berapa lama kemudian petugasnya akan suruh kamu masuk ruang tunggu dan kamu harus ke loketnya untuk dapet kertas nomor antrian. Lalu kamu tinggal nunggu di ruang tunggunya sambil isi formulirnya. Lalu kamu akan dipanggil untuk wawancara, setelah wawancara kamu akan tunggu lagi (sekitar 1/2 - 1 jam), dan setelah itu baru foto, dan kamu akan dikasi slip pembayaran. Kamu baru bisa ambil paspornya 5 hari kerja setelah melakukan pembayaran di Bank BNI.
 

Udah lewat 5 hari kerja, saatnya pengambilan paspor! Setelah cek di website imigrasi, pengambilan paspor dimulai jam 1 siang. Setelah sampai disana, langsung aja ke loket dan di depan loket akan ada keranjang kecil buat kamu taroh bukti pembayaran kamu. Nah langsung aja taroh bukti pembayarannya disitu & tunggu (lagi), sampe petugasnya panggil nama kamu. Waktu itu sih aku nyampe disana jam 1, dan tunggu sekitar 1 jam sampe dapet paspornya.

kiri: e-paspor ; kanan: paspor biasa (paspor lama aku)

Nah, pertanyaan yang paling penting, pergi ke kantor imigrasinya sebaiknya jam berapa ya?
Kalo aku sendiri sih pergi bareng ortuku dan udah sampe di tempatnya jam 4 pagi hahaha... Soalnya aku sempet tanya temenku, dan pas dia dateng jam 4 pagi aja dapet urutan 38. Padahal kuota 1 harinya itu cuma 50 orang lho! Berarti cuma ada 50 nomor antrian! 
Pas aku sampe jam 4 pagi, loh koq masih gelap & gak ada orang sama skali -.- gerbang masuknya juga masih di-portal. Tadinya sih mau parkir di depan portal, tapi karna lagi ada mobil2 semen (di sebelahnya lagi ada pembangunan), jadi kita mutusin untuk parkir di terminal tiga. Bapakku udah pede banget kalo ini mah bakalan sepi. Jam 6 pagi, kita balik lagi ke kantor imigrasi dannnn... udah banyak banget mobil yang parkir dan antrian juga udah sampe ujung T___T Akhirnya aku ngantri dari jam 6 sampe jam 8, untung ada tempat duduk jadi gak capek berdiri. Nah kalo kamu pergi bareng keluargamu, yang ngantri katanya sih cukup satu orang aja asal masih dalam satu KK, jadi kamu bisa ganti-gantian ngantrinya. Dan aku dapet nomor antrian 36 -.- Baru dipanggil untuk wawancara jam 10 dan total selesainya jam 11. Jadi total aku ngantri selama 4 jam (jam 6-10).

Kalo baca di blog orang, ada juga yang dateng jam 9 atau 10 pagi dan masih dapet nomor antrian, tapi ini sih tergantung hari itu lagi rame atau nggak. Jadi saran aku sih dateng sepagi mungkin, kalo bisa dari jam 4 sampai jam 5 pagi. Karena agak gambling juga kalo kamu dateng jam 9 pagi, kalo nomor antriannya udah abis kamu mesti dateng hari lain lagi.
Oke, segitu aja tips dari aku, good luck bikin e-paspornya! ;)






Referensi:
http://soekarnohatta.imigrasi.go.id 

No comments:

Post a Comment