Saturday, November 29, 2014

Japanese Curry Bread - Kare Pan カレーパン Madness Part 1 : The Curry

(Click here for the English version of this post)

Gw suka banget sama yg namanya kari. dari kari lokal, kari india, kari jepang, semua gw suka. nahh kari jepang ini yg biasa disebut kare,  bisa dibilang paling beda diantara kari2 lainnya. knp? krn rasanya yg cenderung ada manis2nya & lebih kentel. ni kare gak cuma cocok dimakan pake nasi, di jepang bahkan ada yg namanya kare udon & kare pan alias roti kare! gw juga sukaa bgt nih yg namanya kare pan ini. kalo dibanding kare biasa yg makannya pake nasi (kare rice), biasanya dia rasanya lebih karii alias bubuk karinya lebih banyak & juga lebih kentel. dan tentunya gak kalah enak sm kare rice =)


slama di jepang gw uda lumayan banyak nyobain kare pan ini di beberapa bakery disono, dr yg enakk bgt sampe yg biasa aja,, semua tergantung sm isi dalemnya, karenya! gw udah seringg bgt bikin kare rice, dan gw udah cukup pede lah sm rasa kare buatan gw, jd skrg wktnya buat nyoba bikin kare pan! yeayy





yg paling penting yg lo butuhin adalah kare blok (curry roux) yg enak. jadi gunain kare blok favorit lo, kalo favorit gw sih sebenernya merek java curry (u/ yg pedes) & vermont curry( u/ yg gak pedes). buat yg bingung mau pake merek mana, bisa coba baca di site ini. cuman, krn pas gw nyari di carefour cuman ada yg merk golden curry, ya udah akhirnya gw pake itu aja. ^^


rasanya? hmmm agak mengecewakan, masih enak tapi gak seenak merk kare blok yg lain. dan seinget gw, pas gw beli ni kare blok di carefour 2 tahun yg lalu, rasanya masih lebih enak,, penurunan kualitas mungkin?? gak tau juga.. rasany gak kyk kare jepang, malah agak kyk kari indo ~.~ tapi yg jelas warnanya jg udah beda bgt sm yg di bungkusnya..

写真はイメージです T___T


jadilah akhirnya gw pake cocoa powder (coklat bubuk) buat warnanya jadi lebih coklat. trik pake coklat bubuk ini emang sering gw pake buat bikin warnanya lebih bagus :)
trus krn rasanya yg kurang tajem, akhirnya gw tambahin lada, bubuk cabe, madu, bubuk kari ampe pedes & berasa. tapi tetepp.. gak seenak yg biasa gw bikin.. -.-" 


nahh pas bikin isian buat kare pan-nya ternyata lebih tricky jg,, jadi ternyata rasa karenya sebelum dan sesudah rotinya digoreng beda! rempahnya jadi lebih gak kerasa pas udah di goreng, pedesnya jg lbh gak kerasa. jadinya malah kerasa asin doank ~.~



jadi kali ini gw gak cuma bikin filling buat kare pan aja, tapi skalian bikin kare buat kare rice jg, biar gak cape2 udah lama2 bikinnya skalian bikin banyak lah ^^ buat bikin kare ini sebenernya tiap orang pasti punya versinya sendiri2, bisa lo variasiin, ada yg suka kentang sm wortelnya gede2, bawang bombaynya segambreng2, ada jg yg suka ditambahin susu, apel, madu, macem2lah.. jd jgn takut buat bereksperimen dgn kare lo ;))


resep ini adalah kare versi gw.. bisa lo variasiin & sesuain dgn selera lo ;)
Curry & Curry Filling (kare u/ 5-6 porsi & kare filling u/ 12 roti)
Bahan:
daging sapi/babi/ayam 500 g-1kg (sesuai selera) 
3-4 bawang bombay
1-2 kentang
1-2 wortel
kare blok for 6-12 serving (tergantung jenis kare blok yg dipakai dan jg banyaknya daging & sayuran, disini gw pake hampir 1 pack gede buat 12 serving)
garam, 
lada bubuk, cabe bubuk secukupnya
1-2 sdm bubuk kari 
2 sdm mentega (optional)
3 sdm bubuk coklat (optional)
1-2 sdm madu/gula(optional)
minyak u/ menumis
air 1000-1500ml

Cara membuat:
1. Potong wortel & kentang kotak2, bawang bombay iris tipis. Potong daging (kalo blm dipotong) kotak2, bumbui dgn sedikit garam & merica.


kentang direndem di air buat ngilangin starch di permukaannya



2.  Panaskan 1 sdm minyak dan 2 sdm mentega, tumis bawang bombay sampe agak layu & transparan, angkat, sisihkan.



3. panaskan 1 sdm minyak, tumis daging sampe kecoklatan, tambahkan air, rebus dgn api kecil (simmer) sampe agak empuk (kira2 1-1 1/2 jam). 
krn daging yg gw punya cuman 300g, jadi gw tambahin iga. klo pake iga masukin duluan iganya, tumis sampai kecoklatan baru masukin daging.



yang punya pressure cooker bisa dipake buat ngerebus dagingnya biar cepet empuk
3. masukkan bawang bombay, wortel & kentang, tambahkan air bila perlu, rebus dgn api kecil selama 15-20 menit atau sampe wortel kentangnya empuk. 


tambahin air sampe nutupin sayur & dagingnya aja, jangan kebanyakan

4. matikan api, masukkan potongan kare blok, aduk2 sampe kare blok-nya larut. tambahkan coklat bubuk(yg udah dilarutin dgn air) bila perlu. 


tenang aja, walaupun ditambahin coklat bubuk gak akan berasa coklat koq ^^



5. masak dgn api kecil (simmer) sambil diaduk2 selama 15 menit. tambahkan lada bubuk, cabe bubuk, madu/gula sesuai selera.



The Curry Filling... 
6. pisahin 3/4 bagian kare, jadi tinggal 1/4 bagian yg masih dipanci untuk dibikin jadi isian kare pan. masak lagi sambil di aduk2 dgn api sedang sampai lebih kental.


ini gw pake 1/2 bagian, ternyata kebanyakan ^^


7. Tambahkan bubuk kari yg udah ditumis dgn minyak sampai harum. 
bubuk karinya dimasak dgn sedikit minyak, biar aromanya lebih keluar

8. dinginkan kare filling, simpan di dlm kulkas.


No comments:

Post a Comment