Friday, December 19, 2014

Simply Pretzels! [Part 1]

(click here for the english version of this post)

Semua berawal dr gw yang lagi kerja freelance bareng kakak gw, dan kebetulan kt lg kerjain project di kantor yg bersebelahan dgn Lotte Shopping Avenue. Jadi emank biasanya kita kalo istirahat siang makan di kantin karyawan di basementnya Lotte, dan selalu ngelewatin toko2 yang bikin tergoda buat beli "cemilan sore" hehehe... Disitulah kita nemu toko Auntie Anne's Pretzel.



Sebenernya dari penampakannya sih gak terlalu keliatan enak bgt yah, biasa aja gt, tapi kata temen kakak gw yang udah lama kerja disitu sih enak & dia sering beli juga. Akhirnya gw coba lah si pretzel ini, yang pake topping keju. Dan ternyata bener, enak! gak kyk roti lembut yang sering gw makan, dia lebih ke chewy, gurih & rasanya pun agak lebih "kompleks". Yes, it's more than just a bread. Teksturnya & rasanya ini bikin kita pengen makan lg, kali ini gw beli yang rasa cinnamon sugar. Yum! Tapi, agak mahal juga ya , buat 1 pretzel ini harganya 13-16 ribu rupiah. Kakak gw tiba2 bilang, yuk coba bikin ini! Waktu itu sih gw emank lagi penasaran bikin roti, jadilah gw cari2 resep di internet & coba bikin :D



Original recipe from Food Network Kitchen - Almost Famous Soft Pretzels

Bahan (untuk 6 pretzel):
1 cup (250 ml) susu cair
1 2/3 sdt instant yeast (ragi instan)
3 sdm brown sugar (gula palem)
2 1/2 - 2 3/4 cup (312-344 g) tepung terigu serba guna
1 sdt garam
28 g mentega tawar (taruh di suhu ruangan biar agak lembek)
1/3 cup (83 ml) soda kue
3 cup (750 ml) air hangat/panas
1 kuning telur + 1 sdm air untuk olesan
mentega asin (salted butter) secukupnya untuk olesan -> dilelehkan

for topping:
coarse salt
gula
kayu manis bubuk
keju cheddar 



1. Masukan susu ke dalam mangkuk, taburkan ragi instan, diamkan selama 2 menit. (Krn suhu dapur gw udah panas jd gak gw angetin dulu susunya)

2. Masukan 1 cup (125 g) tepung terigu & brown sugar, aduk rata. Tambahkan mentega yang sudah lembek, aduk rata.





3. Masukan sisa tepung terigu & garam, aduk rata. Tambahkan tepung terigu sampai adonan tidak terlalu lengket di mangkuk.

ini sebenernya masih terlalu lengket harus ditambahin tepung lagi

4. Taburi permukaan meja/ talenan kayu dengan sedikit tepung. Uleni selama 10-15 menit atau sampai kalis tapi masih agak lengket, bentuk menjadi bola. Bila terlalu lengket tambahkan sedikit tepung.






5. Olesi mangkuk dgn mentega, taruh adonan, oles bagian atasnya dgn mentega,  tutup dengan plastic wrap atau kain. Diamkan selama 1-1 1/2 jam sampai mengembang 2 kali lipat. 



6. Setelah mengembang 2 kali lipat, keluarkan adonan, taburi permukaan meja/talenan kayu dgn sedikit tepung, tekan2 adonan untuk mengeluarkan udaranya. 


Bentuk bola, pipihkan, bagi menjadi 6 bagian.



7. Ambil satu potong adonan, bentuk menjadi segi empat. Gulung sambil ditekan, cubit pinggirnya untuk menyatukan adonan. Ulangi untuk semua potongan adonan.






8. Bungkus adonan yang belum akan dipanggang dengan plastic wrap, simpan di kulkas. Panaskan oven dgn suhu 230 derajat. Campurkan 1/3 cup baking soda ke 3 cup air hangat (bisa menggunakan microwave untuk menghangatkan air). 

9. Gulung potongan adonan menjadi tali sepanjang 75-90 cm, bentuk menjadi bentuk pretzel. Jika adonan susah di gulung/terlalu kencang, diamkan selama 10 menit. 





10. Celupkan adonan ke larutan baking soda hangat selama beberapa detik, angkat, tiriskan air di bagian belakang adonan dengan kain bersih. Letakkan di loyang yang sudah diolesi mentega.




11. Oles dengan campuran kuning telur & air, taburi garam (coarse salt).Langsung panggang di oven yg telah dipanaskan selama 10-12 menit 230 derajat.




12. Angkat, taruh di atas rak kawat. Olesi dengan mentega.






Untuk topping lainnya & proses bikin yg lebih detailnya...
Simply Pretzels! [Part 2]


References:
The Bread Kitchen - Soft German-Style Pretzels
How to make Autie Anne's Soft Pretzels
Disney World Pretzel Recipe

No comments:

Post a Comment