Sunday, November 30, 2014

Japanese Curry Bread - Kare Pan カレーパン Madness Part 2 : The Bread

(Click here for the English version of this post)

Akhirnyaa kesampean jg bikin roti XD jadi gw emang udah penasaran bgt nih pgn bikin roti,, tapi koq kayaknya susah ya, trus klo liat resep2 di youtube kebanyakan pada bikin pake stand mixer T_T padahal gw gak punya stand mixer...
ada yg mau beliin? :33


jadi akhirnya cari2 resep yg bener2 basic & hand knead buat percobaan pertama. dan ketemulah gw sm resep di youtube Ochikeron - Yaki Kare Pan. wihh kyknya menarik bgt! and emang kebetulan gw sukaa bgt sm kare, dan enaknya ni roti bisa di goreng, jadi kagak butuh oven! yeayy




Pengalaman pertama bikin roti, ternyata ga sesusah yg gw kira hehe... ;) gak tau jg sih tapi klo yg gw baca2 dr internet gt bnyk yg bilang klo hand knead itu capek & makan waktu, makanya skrg banyak yg pake stand mixer. Ternyata, nggak juga tuh, gak capek sm skali! mungkin capek kalo lo bikin 100 roti sekaligus kali ya hahahaha... 



Malah seru bgt! Gw suka aja nguleninnya dr yg adonannya basah2 gitu, ampe jadi kalis, kenyel2 empuk hahaha.. trus ngebentuk adonan jd bulet, masuk2in kare fillingnya jg seru bgt! buat yg belom pernah bikin roti, gw saranin coba bikin deh! beneran gak sesusah yg lo kira & gak perlu alat2 mahal! :DD

and you'll get these pretty buns

and some miserable looking ones.. lol


Buat resep rotinya sendiri sebenernya gw bingung mau pake yg dr Ochikeron ato Foodwishes,, tapi karna gw cintaa bgt sm resep2nya Foodwishes, akhrnya gw memutuskan pake resepnya Foodwishes. Nahh... gw kira resepnya mereka be2 ini cuman beda2 dikit, sama2 resep Hamburger Buns dan sama2 buat bikin 8 buns. Pas ditengah2 udah bikin rotinya, gw baru nyadar kalo di Foodwishes dia pake tepung hampir 500 g, Ochikeron cuman 200 g. busett ini mah beda bgt! dan ternyata setelah gw baca di comment2nya Foodwishes, pada bilang klo ni resep buat bikin 8 buns yg guedee, dasar org amrik porsinya emank gede2 -.-" jadilah  bukan cuma dpt 8 roti kare tp 12 roti kare.. hahaha.. siapa yg mau ngabisinnn??

Original Recipe by Foodwishes - Homemade Hamburger Buns


Bahan (untuk 12 roti):

438 g tepung terigu serba guna (gw pake segitiga biru premium)
1 cup/250 ml air

2 sdt instant yeast (ragi instant)
1 telur
42 g mentega --> dicairkan di microwave
3 sdm gula pasir
1-1 1/4 sdt garam
sedikit minyak/olive oil
2 telur & panko bread crumb for coating

Cara membuat:
Bagi yg pengen liat cara bikinnya lewat video, bisa coba liat disini: Ochikeron - Homemade Hamburger Buns (Hand Knead) & Ochikeron - Yaki Kare Pan

1. Campur tepung, ragi instant, aduk dgn whisk hingga tercampur rata.
ini gw salah nyampur, harusnya gula & garemnya dicampur ke bahan basahnya,, tau deh ngaruh ato nggak ;P

2. Campur 3/4 cup air, telur, mentega cair, gula & garam.


3. Campur bahan kering (tepung & ragi)  ke bahan basah, aduk dgn tangan, kalo adonan terlalu kering tambahkan sisa air sedikit demi sedikit sampe jadi kyk gini:

jangan tambah air sekaligus, air yg dibutuhin bisa kurang dr 1 cup

4. Uleni (knead) ampe adonannya gak terlalu nempel di mangkok, pindahin ke meja (yg udah dibersihin tentunya) atau talenan kayu gede yg udah ditaburin sedikit tepung, ulen ampe kalis (kira2 10-15 mnt).





5. Pindahin ke mangkok, olesi dgn sedikit minyak. Tutup dgn plastic warp/kain lap, biarkan mengembang sampai 2-3x lipat lebih gede kira2 selama 1-1.5 jam. (lupa fotoo -.-)

6. Jika sudah mengembang, tekan-tekan adonan u/ mengeluarkan udara di dalemnya, bentuk jadi persegi panjang.
maksudnya sih persegi panjang...

7. Potong adonan menjadi 12 bagian yg sama besar, bulatkan satu persatu. Istirahatkan selama 10 menit.

LOL at the uneveness of these balls

8. Pipihkan dgn tangan bola adonan menjadi lingkaran. Isi dgn 1 sdm kare filling. 



9. Tutup, agak pipihkan, balik.
kyk bikin pastel ato gyoza gt deh...




10. Olesi dgn kocokan telur, lapisi dgn panko bread crumb (tepung roti?). Diamkan selama 15 menit atau sampai mengembang 1 1/2 kali lipat.


11. Goreng!
itu yg agak melengkung2 cap tangan gw hahaha...



12. Makan!

unedited

edited ^^
Time to taste! kalo buat rotinya sih gw sukaa, teksturnya gak kering, cukup lembut, yah bisa dibilang cukup berhasil lah :)) tapi agak terlalu asin kali ya... mgkn kalo bikin lagi gw bakal kurangin garemnya & tambahin gulanya krn gw suka roti manis hahahha...



buat yang masih kuat baca dan penasaran sm detail2 pas gw bikin kare ini (kyk cara nyimpen adonan di kulkas kalo belom mau digoreng) ... tunggu ya postingan gw yg selanjutnya... part terakhir:
Japanese Curry Bread - Kare Pan カレーパン Madness Part 3 [end] : All the details
*capeee*

No comments:

Post a Comment