Saturday, November 22, 2014

My First Apple Pie


Hari Kamis kmaren gw ke rumah temen gw buat bikin cheesecake & apple pie brg. Gw dah dr lamaa bgt pgn coba bikin pie dan baru skrg kesampean. so excited! ;-))

Gw pake resep dr Foodwishes, one of the best & my favorite cooking vlog on Youtube. Gw sering banget nontonin video2nya, dan beberapa jg udah gw praktekin. Hasilnya? ENAK or ENAK BGT! kebanyakan enak bgt. Karna yg bikin Foodwishes ini emang chef (namany Chef John) dgn pengalaman bertahun2 & skill yg gak usah diragukan lg. Resep2nya dia bisa gw bilang semuanya restaurant class

Pokoknya gw recommend bgt lo coba resep2nya dia. Four thumbs up for you Chef John! :DD


Okay, back to the apple pie. Jadi yang pertama kt lakukan adalah motong2 menteganya kecil-kecil dan kt taroh di freezer krg lebih 1/2 jam.

gw saranin pake butter (mentega bukan margarin) apa aja selain orchid butter, bukannya mau bashing atau apa, tp orchid butter skrg rasanya udah berubah bgt, gak kyk dulu enaknya :(( 

Klo menteganya udah beku, saatnya bikin pie doughnya! kt campur tepung & garamnya trus kt masukin ke food processor. Lalu kt masukin potongan menteganya & nyalain food processornya. Dan hasilnya jadi kyk gini...

looks like failure lol

Jadi sepertinya tu mentega kurang beku & food processor yg kt pake terlalu kecil, jadi yg harusnya adonannya masih keliatan kering, sblm ditambahin air aja udah keliatan basah gini :(( Pas udah ditambahin air & cukanya...

EPIC FAIL

apaan nih adonannya jadi basah bgt -.-" padahal kt bru tuangin airnya sktr 3/4nya, dan kt mutusin buat ga nuangin smua airnya krn ini aja udah basah bgt.  tp apa boleh buat, nasi dah menjadi bubur, kt pasrah dan terusin aja dan liat nanti hasilnya.. trus adonannya kt bentuk bulet, bungkus pake plastic warp & masukin ke kulkas.


Buat fillingnya, kt pake 3 jenis apel sesuai sarannya Chef John.
2 apel fuji, 2 apel grannysmith, 2 apel royal gala

Kt potong2 apelnya, kt kasi perasan lemon, lalu masukin gula, ground cinnamon (kayu manis bubuk), & nutmeg (pala, gw parut pake parutan keju) & maizena. And i couldn't resist to try it. ENAK! manis, agak asem, dan cinnamon & nutmeg-nya kerasa, pas bgt rasanya gak kemanisan. or so we thought... 

^^

Trus kt kembali ke pie doughnya. Setelah adonannya kt dinginin di kulkas, kt giling pake rollling pin. ternyata susah jg buat ngegiling adonannya jadi bentuk lingkaran & sama tebelnya. Just don't panic, like i did. iya gw panik krn adonannya lebih lembek dr yg gw kira, mirip cookie dough atau shortbread dough, trus pertama kali giling gw gak berhasil bikin dia jadi agak lingkaran, suka nempel2 di baking papernya, bahkan setengah jalan retak gt T_T akhirnya gw serahin masalah ngegiling2 ini ke temen gw. dan langsung berhasil. sialan. 

Hasil akhirnya sebelum dipanggang kyk gn jdnya...


 Not bad ^^, jgn lupa oles pake telor.

and so it went to the oven! 
selama pienya dipanggang di oven kt cek beberapa kali buat mastiin kulitnya gak gosong. dan setelah 1 jam...



hmm.. not bad at all!  dan kt sadar klo kt lupa masukin butter di atas fillingnya -.-" jadi akhirnya kt selip2in butternya & jg kt oles pake sdkt butter atasnya...




jadi keliatan lbh mengkilap! :D

Now, time to eat!! XD

Diluar dugaan kt, kulit pienya enak bgt! padahal harusnya gagal.. hmm... tapi kulit pie yg dibawahnya masih kurang mateng gt, jadi akhirnya kt masukin lg ke oven 10-20 menit dgn api bawah buat matengin bawahnya.





another waiting time... ~.~






DAN AKHIRNYA!! jadi jg nih pie! 
Rasanya seperti yg gw bilang tadi, kulitnya enak bgt! malah lebih enak dr isinya -.-" jadi isinya yg sblm dipanggang gw cobain rasanya udah pas bgt, pas udah dipanggang rasa cinnamonnya jd berkurang bgt! malah nutmegnya gak kerasa sama skali -.-" jadinya cuman kerasa manis agak asem doank dgn sdkt rasa cinnamon.. tapi masih enak sih, tapi gak seenak kulitnya. yummm... butter di kulitnya kerasa bgt & renyah. beda bgt deh sama kulit2 pie yg pernah gw makan. Untung aja gw gak nyerah ditengah2 krn gw kira kulit pienya "gagal" XD



Please do make your own pie crust, it looks & tastes wayy much better :)

Original recipe & vlog from Foodwishes - Classic Apple Pie & Foodwishes - Easy Homemade Pie Crust

Alat: 
Timbangan digital (utk mengukur bahannya dgn akurat)
Food processor ukuran sedang/besar
Loyang Pie 23cm (bisa dari kaca/aluminium)
Mangkok besar
Pisau
Sendok ukur
Plastic warp
Rolling pin 
Pastry brush 
Meja besar (untuk tempat menggiling adonan)
Baking paper (optional, untuk alas giling) 
Oven (ya iyalah)

Bahan (untuk loyang 9 inch/23cm):
The Pie Crust (Kulit Pai):
340 g tepung terigu (gw pake yg segitiga biru)
1 pak mentega (227 g)
1/2 sdt garam
7 sdm air dingin/air es (makin dingin makin bagus)
1 sdm apple cider vinegar (cuka apel, krn gak punya gw pake cuka biasa)

The Pie Filling (Isian Pai):
6-8 buah apel (tergantung ukurannya, gw pake 2 apel fuji, 2 grannysmith, 2 royal gala)
perasan lemon (dari 1/2-1 lemon)
180 g gula pasir (di resep aslinya pake 200 g, tapi sesuai dgn hipotesis gw kalo gula indo lebih manis drpd gula luar, gue kurangin 20 g)
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/8 sdt pala parut
3 sdm maizena
sedikit garam
28 g mentega
1 telor (kocok, for egg wash)

Panggang dgn suhu 190 C selama kurang lebih 1 jam.

Please check Foodwishes - Classic Apple Pie & Foodwishes - Easy Homemade Pie Crust vlog on how to make this pie! :)

Tips for rookie:
1. Pastiin butternya beku, klo gak adonannya akan jadi terlalu basah. dan pastiin jg airnya dingin bgt, klo gw pake air dingin yg gw kasi es lg.
2. Buat yg gak punya apple cider vinegar, bisa pake cuka biasa. (gw pake cuka merk DIXI yg gw encerin pake air, liat petunjuk di kemasannya buat cara encerinnya). Cuka ini ktnya sih biar kulit pienya jd gak keras, so jgn di-skip ya!
3. Pake food processornya jangan yg kekecilan (kyk yg gw pake -.-), krn butternya jadi gak ke-blend rata sm tepungnya
4. Potong apelnya jadi ukuran yg kr2 sama besarnya. Krn klo ada yg besar ada yg kecil, nanti matengnya ada yg kelembekan.
5. Add more cinnamon & nutmeg! Rasain fillingnya sebelum dipanggang, buat cinnamon & nutmegnya lebih tajem dr yg lo mau rasanya nanti. Krn pas dipanggang bakal lebih gak kerasa.
6. Relax & Enjoy! :D 


Kalo ada pertanyaan atau komentar, please comment down below! :DD

2 comments: