Tuesday, February 10, 2015

Almost German-style Pretzels

(click here for the english version of this post)

Gw pernah sekali bikin pretzel and i really loved it, jadi gw bikin lagi hehe! Tapi kali ini gw pake resep yang gak pake susu, soalnya kakak gw lactose intolerant jadi doi kagak bisa makan makanan yang mengandung susu, padahal dia suka banget jg sama pretzel. Gw bakal bicarain (nulis) lagi tentang resep yang ini di postingan gw selanjutnya biar postingan yang ini jadinya gak super duper panjang. Ini aja walau isinya cuman cara bikinnya tapi udah panjang banget hahaha.. Btw karna resepnya cuman buat 4 pretzel, gw dobel resepnya biar jadi 8 soalnya keluarga gw aja ada 6 orang, mana cukup 4 :P



Ingredients (for 4 pretzels):

250 g tepung terigu untuk roti
1 sdt garam
1 sdm mentega tawar
150 g air hangat
1 1/2 sdt gula palem (dark brown sugar)
1 sdt ragi instan
1 kuning telur + 1 sdm air untuk olesan
garam kasar (coarse salt)
mentega asin, dilelehkan (sekitar 3 sdm)

larutan baking soda:
1/3 cup (80 ml) soda kue
6 cup (1500 ml) air

toppings (optional):
italian seasoning
keju parut (bisa pake keju kraft quickmelt)
cinnamon sugar (gula + kayu manis bubuk)



1. Campurkan gula palem & ragi instan dengan air hangat, aduk rata. Diamkan selama 10 menit untuk mengaktivasi ragi. 



2. Di mangkuk besar, campur tepung, garam dan mentega tawar. Gosokkan mentega ke tepung dengan tangan sampai menjadi potongan2 kecil.



Air ragi-nya setelah 10 menit...
it's alive! :O


3. Buat cekungan di tengah, tuangkan air ragi. Aduk tepung sedikit demi sedikit ke dalam air ragi dengan sendok kayu sampai menjadi kental (jangan aduk semua tepung). Jentikkan tepung dari pinggir untuk menutupi adonan kentalnya. Diamkan selama 30-40 menit. This is called a "sponge".





4. Setelah 30 menit, adonan "sponge" akan berbusa. Campurkan dengan sisa tepungnya dengan tangan sampai menjadi adonan yang sedikit lengket. Tambahkan sedikit air kalo terlalu kering atau sedikit tepung kalo terlalu basah. (gak tau knapa tapi adonan gw terlalu kering, jadi gw tambahin air dikit) 



5. Taburi permukaan meja/ talenan kayu dengan sedikit tepung. Uleni selama 10-15 menit atau sampai kalis, bentuk menjadi bola. Bila terlalu lengket tambahkan sedikit tepung. (kalo bikin resepnya dobel kayak gw, bakalan lebih lama nguleninnya sekitar 20-30 menit) 

belom...

ulen lagi...

dikit lagi...

okee! skrg, bentuk jadi bola!




6. Olesi mangkuk dgn mentega/minyak, taruh adonan, oles bagian atasnya dgn mentega/minyak, tutup dengan plastic wrap atau lap kain. Diamkan selama 1-1 1/2 jam sampai mengembang 2 kali lipat. 


7. Setelah mengembang 2 kali lipat, keluarkan adonan, taburi permukaan meja/talenan kayu dgn sedikit tepung, tekan2 adonan untuk mengeluarkan udaranya. Bentuk jadi bola.

Kalo lo bikin resepnya dobel, potong adonannya jadi 2 dan bentuk masing2 adonan jadi bola.



8. Pipihkan sedikit, bagi menjadi 4 bagian.




Ambil satu potong adonan, bentuk menjadi segi empat. Gulung sambil ditekan, cubit pinggirnya untuk menyatukan adonan. Ulangi untuk semua potongan adonan. Istirahatkan adonan selama 10 menit.



(Optional) 
Kalo ovennya gak cukup gede buat manggang semuanya sekaligus, setelah dibentuk, langsung bungkus adonan yang belum akan dipanggang dengan plastic wrap, simpan di kulkas.


9. Panaskan oven dgn suhu 200 C. Di panci yang agak lebar, larutkan soda kue ke air, didihkan, lalu kecilkan api. Kalo manggang pretzelnya lebih dari 1 ronde, jangan lupa didihkan ulang nanti.



10. Gulung potongan adonan menjadi tali sepanjang 75-90 cm, bentuk menjadi bentuk pretzel. Ulangi untuk semua potongan adonan. (Check the links at the end of this post to see the video of how to roll & shape the dough)
kalo permukaannya kurang panjang, pake diagonalnya ;)




yeayyyy


11. Celupkan pretzel ke larutan soda kue selama 10 detik, balik, diamkan selama 10 detik, angkat.


Tiriskan air di bagian belakang adonan dengan lap kain bersih. Letakkan di loyang yang sudah diolesi mentega. Ulangi untuk semua adonan pretzel. Oles dengan campuran kuning telur & air. Sayat sekeliling adonan dengan pisau tajam. Untuk original salt pretzel, taburi garam kasar (coarse salt).



12. Langsung panggang di oven yg telah dipanaskan selama 12-15 menit 200 C. Oleskan pretzel yang sudah dipanggang dgn mentega asin leleh. Tergantung oven yang lo pake, mungkin harus sesuaiin suhunya lagi.

Kalo punya gw jadinya kayak gini abis dipanggang selama 15 menit (gambar diatas), keliatannya sih kurang coklat, jadi gw naekin suhunya jadi 220 C trus gw panggang lagi slama beberapa menit sampai warnanya jadi coklat tua. Trus untuk ronde slanjutnya gw panggang di 220 C.


Making the italian herb butter...
Sangrai italian seasoning selama 1 menit, masukkan mentega asin (sekitar 2 sdm) dan masak sampai mentega leleh & harum. Oles pretzel yang sudah dipanggang dengan italian herb butter ini.
gw juga tambahin dried rosemary dikit



Making the cheese pretzel...
Panggang pretzel selama 7 menit, keluarkan dr oven dan taburkan keju parut. Pastiin keju parut yang lo pake adalah jenis yang bisa leleh. Soalnya gw pakenya yang keju kraft biasa trus jadinya gak leleh & gak nempel di rotinya malah ancur gitu kejunya :(





References:
The Bread Kitchen - Soft German-Style Pretzels
How to make Autie Anne's Soft Pretzels
Disney World Pretzel Recipe


Also check my other pretzel recipe...
[ENG] Simply Pretzels!

No comments:

Post a Comment